tidak mentang-mentang

basuh kaki

yohanes 13:16-20
PA di rumah keluarga tony hermanto
perumahan tirta buana
kamis, 11 mei 2017

bahan PA ini harap didudukkan dalam rangka perjamuan paskah terakhir tuhan.

dalam perjamuan paskah itu tradisi yahudi mengajarkan agar tuan rumah membasuh terlebih dulu kaki para tamu. namun tuhan yesus berada dalam situasi yang berbeda. ia tidak mengadakan perjamuan paskah itu di rumahnya, tapi sebagai pengundang ia bertindak sebagai tuan rumah, sehingga beliaulah yang membasuh kaki para tamunya, yang dalam hal ini para muridnya sendiri.

peristiwa itu dijadikannya pengajaran: bahwa yang lebih tinggi haruslah melayani yang lebih rendah. yesus guru dari para mudid, dan murid tidak pernah lebih tinggi dari gurunya. yesus ingin agar para murid meneladani apa yang baru saja ia kerjakan.

waktu itu, yudas -yang disindir dengan mazmur sebagai ‘yang makan rotiku telah mengangkat tumit dariku‘- masih ada di sana.

lalu siapa sajakah yang kita layani?
siapa saja, tidak meraka yang berada dalam kalangan kita, namun juga orang yang seperti yudas mengkhianati kita pun kita layani. kita diminta melayani yang lebih rendah dari kita, tanpa membeda-bedakan golongan. kita tidak bisa mentang-mentang.

ajaran ini cocok dengan seluruh ajaran tuhan sendiri, yang juga telah merendahkan diri agar sama dengan manusia. oleh sebab itu ia pun meminta kita meneladani itu tadi. sebab bila kita melakukannya, maka apa yang kita lakukan itu memperlihatikan siapa yang telah kita tiru, yakni tuhan sendiri.

semoga kita diberi kekuatan untuk menjalankan ini semua.
semoga para orang tua, pendidik, pemimpin memiliki jiwa seperti kristus, yang meski pun tuhan, namun melayani orang lain dengan merendahkan dirinya.
amin.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s