rumah bersama

persekutuan doa
di rumah ibu maria sumirah,
april 27 2017.

bahan PERSEKUTUAN DOA AKHIR BULAN april ini ada baiknya dihubungkan dengan PERJAMUAN KUDUS dua minggu lagi.

surat rasul paulus kepada jemaat di KOLOSE 3:1-15 merupakan gambaran teologis yang indah tentang siapa saja anggota RUMAH ALLAH dan bagaimana hubungan antar anggotanya.

anggota rumah allah adalah mereka yang sudah dibangkitkan bersama kristus. ciri-ciri mereka adalah dinampakkannya buah-buah roh dalam hidup sehari-hari mereka: kasih, lembah lembut, tidak sombong, tidak menyakiti hati saudara yang lain dsb. anggota keluarga allah ini diikat oleh kasih yang menyatukan semua.

rumah allah,
oleh pengantar persekutuan kita ini, rumah allah dihubungkan dengan pengertian RUMAH BERSAMA, yang dalam bahasa yunani juga disebut EKOLOGI, yakni lingkungan hidup yang di dalamnya selain kita juga tinggal tetangga, sesama, maupun binatang, tumbuhan dan alam.

penulis pengantar ini mengajak kita memperluas pengertian RUMAH ALLAH hingga mencapai RUMAH BERSAMA yang inklusif [merengkuh yang lain], tidak eksklusif [menolak yang lain].

terlebih ketika kita hendak merayakan PERJAMUAN KUDUS dua minggu lagi, momen perjamuan itu menjadi penting sebab sakramen satu ini memang diniatkan untuk menyatukan kita semua.

kita yang ikut dibangkitkan bersama dia, dan yang telah menjadi manusia yang baru, diundang untuk bersekutu, bersatu dalam meja perjamuan kudusnya nanti.

mari kita mempersiapkan diri menyambut perjamuan tadi dengan memperbarui hidup sehari-hari kita menjadi manusia yang baru: manusia yang ikut bangkit bersama kristus.

amin.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s