mengubah kejahatan jadi berkah

images

markus 14:12-26
di rumah keluarga bp. hartono, plakaran

bahan PA kita sore tadi membicarakan megnenai persiapan paskah yang dilakukan oleh tuhan yesus bersama para murid.
seperti adat orang yahudi, perkumpulan yesus dan murid-muridnya ini merayakan juga paskah, sebagai peringatan penyelamatan bangsa israel dari perhambaan di mesir.

mereka berkumpul di awal rangkaian perayaan paskah, yakni di hari ROTI TAK BERAGI. di hari itu biasanya disembelih domba paskah. tetapi tuhan yesus dan murid-murid tidak diceritakan menyembelih domba itu, bahkan dalam peringatan paskah itu tuhan yesus mengidentikkan dirinya sebagai domba paskah yang akan dikorbankan.
kalau dia sebagai pemimpin perkumpulan itu akan dikorbankan maka para murid dan pengikut akan cerai berai, seperti kutipan dari nabi zakaria di markus 14:27 bahwa bila gembala dipukul maka domba akan tercerai-berai.

siapa yang akan jadi agen pelaksana untuk memukul sang gembala?
tidak lain adalah yudas iskariot.
yudas telah membiarkan dirinya dikuasai oleh roh jahat sehingga mau melakukan perbuatan yang memungkinkan sang gembala dibunuh dan mencerai-beraikan para domba.

apakah rencana untuk menceraiberaikan domba tadi berhasil?
tidak.
justru peringatan paskah membuat para murid bersatu di sekitar meja perjamuan kudus. bahkan hingga kini pun, perjamuan kudus adalah sarana untuk menyatukan umat kristen di seluruh dunia dengan mengingat tubuh tuhan yang dipecah-pecah dan darah tuhan yang tercurah. bukan mencerai-beraikannya seperti rencana jahat semula.

jadi, apakah yudas itu pahlawan atau penjahat?
yudas dipersalahkan karena MAU MENGALAH terhadap RENCANA JAHAT sehingga memungkinkan tuhan terbunuh. meski pun itu justru dipakai tuhan untuk jalan keselamatan manusia. mengubah rencana jahat menjadi jalan keselamatan itu mampu dilakukan oleh tuhan.
ingatkah kita akan kisah yusuf yang dicelakakan oleh saudara-saudaranya dan dijual ke mesir itu justru menjadi jalan keselamatan bagi bapa yakub dan saudara-saudaranya?
tuhan mampu keluar dari jebakan kejahatan. tuhan adalah pemenang.
termasuk, ketika tuhan yesus wafat di kayu salib, yang bagi dunia itu adalah tanda kekalahan, tapi justru itu adalah tanda kemenangannya, termasuk bagi kita para muridnya.

jika dalam hidup kita seolah mengalami kekalahan, tuhan mampu mengubahnya jadi kemenangan!

amin.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s